Kamis, 14 Juni 2012

CARA CERDAS MENDIDIK YANG MENYENANGKAN, Berbasis Super Quantum Teaching



Penulis                 : Asep Mahfudz
Penerbit               : CV. Simbiosa Rekatama Media




Buku ini merupakan “greget” penulis melihat fenomena pengajaran yang dilakukan guru di tanah air. Kalau gairah pengajaran dalam system pendidikan kita luar biasa, saat ini pendidikan di Indonesia tidak akan terpuruk. Dulu, Malaysia belajar dari Indonesia, namun saat ini kita malah belajar dari Malaysia. Apa yang salah? Yang salah adalah paradigm pendidikan kita atau cara mengajar guru. Untuk itu, paradigm pendidikan atau cara mengajar guru harus segera dibenahi.
Saat ini, isu perubahan paradigm atau cara berpikir dalam mendidik sangat kerap di perbincangkan kalangan pendidik dan praktisi pendidikan. Mereka menyadari bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih kalah dibandingkan dengan Negara-negara lain, seperti Malaysia dan Singapura. Kenapa demikian? Satu jawabannya, yaitu mereka berani untuk berubah dan berbeda. Yang menjadi masalah krusial di Indonesia, seluruh bidang selalu dihubungkan dengan persoalan politik sehingga pendidikan pun berjalan sebagaimana mood politik yang sedang berkuasa. Hal ini yang menyulitkan sebagian pendidik dan praktisi pendidikan untuk berani merevolusi system pendidikan nasional yang masih terlihat carut marut. Pendidikan kita masih terkesan “lemas” tidak berdaya dalam proses belajar mengajar di kelas. Pendidikan kita masih diwarnai dengan suasana yang sangat tidak menyenangkan. Untuk itu, guru sebagai pemegang peranan penting dalam pengembangan sector pendidikan, memiliki tanggung jawab penuh dalam memperbaiki profesionalitasnya dalam mendidik anak-anak bangsa.
Dalam mengembangkan profesionalisme guru, tentunya keterampilan mendidik dan pengetahuan tentang proses pembelajaran harus dikuasai dengan baik. Buku CARA CERDAS MENDIDIK YANG MENYENANGKAN BERBASIS SUPER QUANTUM TEACHING ini dapat mengantarkan para guru untuk melihat lebih tajam bagaimana mendidik yang seharusnya. Ide dasar penulisan buku ini mencoba mengangkat persoalan yang sering terlupakan guru pada saat mengajar. Apa yang ada di dalam buku ini merupakan prinsip-prinsip agar mendidik lebih bermakna dan memberdayakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar