Halaman

Kamis, 14 Juni 2012

22 PRINSIP KOMUNIKASI EFEKTIF Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak

Penulis
:
Ike Junita Ekomadyo, S.Sos., M.Si
Cetakan II
:
September 2008
ISBN
:
979-3782-04-8
Ukuran
:
15 x 21 cm
Halaman
:
Xii  + 132( 144 halaman)
Kertas
:
Isi  HVS 70 gr, Cover AC 210 gr
Warna
:
Isi BW, Cover FC




Setiap orang tua pasti merasa bahagia bila melihat anak-anaknya senang dan bersemangat dalam belajar, apalagi jika diikuti oleh prestasi yang membanggakan. Untuk itu banyak orang tua meluangkan waktunya untuk mendampingi anak belajar. Tetapi terkadang anak bukannya tambah senang dan bersemangat dalam belajar. Yang terjadi justru anak menjadi stress karena kesal. Mengapa?

Penyebabnya adalah tidak terbangunnya komunikasi efektif antara orang tua dengan anak. Seringkali terjadi perbedaan persepsi antara orang tua dan anak. Anak dengan dunia khas kekanak-kanakannya sering mempersepsi sesuatu dengan sederhana, tetapi sering menjadi sangat rumit di mata orang tua. Dan karena tidak bisa (atau tidak mau) memahami anak, orang tua sering tanpa sadar memaksakan persepsinya kepada sang anak.

Komunikasi yang efektif akan terbangun jika orang tua bisa memahami anak sesuai dengan keunikan dan potensi yang dimilikinya, mengetahui minat dan motiv
asinya, serta dapat menciptakan keamanan dan kebebasan psikologis pada anak. Buku ini akan menjelaskan kepada orang tua, juga para guru, 22 PRINSIP KOMUNIKASI EFEKTIF ORANG TUA DAN ANAK, terutama dalam rangka meningkatkan minat belajar anak, secara komprehensif, lengkap dengan contoh dan ilustrasinya.

Buku ini disusun berdasarkan tesis penulisnya ketika menempuh program studi Pascasarjana dalam bidang ilmu komunikasi di Fikom Unpad dan berhasil dengan predikat Cum Laude. Pengalamannya dalam mendidik 3 orang putri, dan penelitiannya di salah satu sekolah terkemuka di Bandung, sangat memberi warna dalam penulisan buku ini. Semua itu tentunya akan bermanfaat untuk memperkaya wawasan para orang tua dan guru, khususnya dalam MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar